MENCETAK GENERASI MUSLIM YANG KAFFAH UNGGUL DALAM KETAQWAAN,INTELEKTUAL, KEMANDIRIAN, KEPELOPORAN DAN SEMANGAT AMAR MA'RUF NAHI MUNKAR YANG BERDASARKAN AL QUR'AN DAN AS SUNAH

Jumat, 24 Februari 2012

PROFIL MADRASAH UNGGULAN


Oleh : EL MAHIE, S.Pd

A.Garis Besar Madrasah Unggul
  1. Konsep Dasar
a.       menyalurkan bakat dan kemampuan peserta didik yang lebih/cerdas (di atas rata-rata)
b.      memberikan pelayanan yang homogen (proses pendidikan yang standar)
c.       memberikan pelayanan pendidikan yang individual
d.      melakukan pembinaan sumber daya manusia yang unggul dan mampu menghadapi tantangan globalisasi.
  1. Prasyarat
Sebagai lembaga pendidikan dengan standar madrasah unggul memenuhi prasyarat-prasyarat sebagai berikut :
a .  Filsafat inti pelaksanaanya bersifat kohesif dan menyeluruh.
b.    Srategi pencapaian target didasarkan pada program madrasah
c.    Keterlibatan secara efektif masyarakat pada madrasah
d.    Melibatkan guru, peserta didik, orang tua dan masyarakat dalam pengambilan keputusan
e.     Mengembangkan dan menggunakan metode pembelajaran yang aktif (active learning)
f.     Memfokuskan kegiatan lembaga pada upaya pencapaian tujuan
g.    Pengharapan guru terhadap keberhasilan siswa tinggi
h.    Pembiayaan dan sumber daya cukup memadai
  1. Standar Mutu
sebagai madrasah unggul memiliki standar mutu yang jelas, dapat dicapai, dapat diterima, teramati dan terukur, terbuka, dan harus tinggi. Standar mutu yang dimaksud yaitu,
a.       Berkaitan dengan peserta didik, meliputi
1)       Standar penerimaan.
2)       Standar akademik
3)       Standar kelulusan
4)       Standar ketrampilan
5)       Standar kehadiran
6)       Standar tugas-tugas
7)       Standar perilaku
8)       Standar berpakaian
9)       Standar prestasi tinggi
10)   Standar pembinaan peserta didik(osis,ekstra kulikuler, pembinaan IMTAQ dll.)
11)   Standar pelayanan (BK, Gura-siwa, Wali Kelas, Wali Asrama)
12)   Memiliki tujuan sosial dan akademis yang jelas
13)   Memiliki daya juang dan bekerja keras
14)   Memberikan dan mendorong peserta didik mandiri dan bertanggung jawab
b.      Berkaitan dengan SDM terutama Guru, meliputi
1)       Standar Penerimaan (sistem rekruitmen)
2)       Standar pembinaan (profesi maupun karier)
3)       Standar kinerja (standar pembelajaran, disiplin, tanggungjawab, demokratis)
4)       Standar perilaku (keteladanan yang Islami)
5)       Standar kehadiran (kerja full time/tidak rangkap pekerjaan)
6)       Standar komitmen pada prestasi
7)       Standar keimanan dan ketaqwaan (bersifat lahiriah dan perilaku)
8)       standar kesejahteraan yang tinggi
c.       Berkaitan dengan Sistem Menejemen dan Organisasi, mencakup :
1)       Menejemen madrasah yang demokratis
2)       Kepemimpinan yang kuat dan kolaboratif
3)       Mempertahankan stabilitas staf (karyawan dan guru)
4)       Pengembangan staf yang terencana dan terprogram
5)       Keterlibatan aktif dan dukungan orang tua (FKOT dan KM)
6)       Komitmen dan penghargaan madrasah terhadap prestasi tinggi
7)       Memaksimalkan waktu belajar
8)       Sistem perencanaan yang kolaboratif dan aspiratif.
9)       Tingkat kepekaan seluruh warga madrasah terhadap kondisi madrasah tinggi
10)   Tujuan madrasah jelas dan terukur
11)   Komitmen terhadap ketertiban, disiplin dan produktifitas tinggi
12)   Peraturan yang ditetapkan jelas dan memenuhi rasa keadilan.
d.      Berkaitan dengan Sarana dan Prasarana, mencakup :
1)       Fasilitas gedung yang memenuhi prasyarat dan memadai (ruang kelas, laboratorium, masdjid, perpustakan, d1l.)
2)       Ketersediaan buku teks dan buku bacaan dan akses informasi yang cukup dan memadai
3)       Memiliki buku panduan guru dalam melaksanakan pembelajaran (kurikulum, silabus, rencana pembelajaran, sistem penilaiann pelaporan. dll.)
4)       Memiliki bahan diagnostik dan evaluasi terhadap peserta didik (psyko tes,  diagnostik tes, angket dll.)
5)       Sarana pengembangan ekstra kurikuler yang cukup
6)       Sarana adimistrasi ketatausahaan yang memadai
7)       Sistem komputerisasi
8)       Diciptakan nuansa keislaman dan iptek di lingkungan kampus.
9)       Ketersediaan biaya yang cukup

Tidak ada komentar:

Posting Komentar